Kisah Sukses Pendiri RM Padang Sederhana. Hadapi Cobaan Bertubi-tubi tapi Terus Bangkit Kembali

Jika ada salah satunya makanan yang menjadi favorite sebagian besar orang di Indonesia, mungkin jawabnya ialah masakan Padang. Walaupun bawa bumbu ciri khas ala-ala Padang tetapi rasanya pas di lidah beberapa orang yang tinggal di wilayah lain yang mengakibatkan penyebaran rumah makan yang ini jadi semakin luas. Salah satunya restaurant yang terpopuler mungkin Rumah Makan Simpel. Rupanya dibalik ketenarannya, ada narasi yang penuh sinetron dari si pendirinya yang namanya H. Bustaman lo.

Bermula dari bermacam pekerjaan dan jatuh bangun dalam mengawali usaha ‘kecil-kecilannya’, sekarang Bustaman telah mempunyai beberapa ratus cabang yang menyebar di beberapa daerah di Indonesia bahkan juga luar negeri. Jadi ini ceritanya…

Bustaman memikir untuk mengawali usaha makanan dengan sewa sepetak tanah. Antiknya, waktu itu dia tidak mempunyai kekuatan mengolah dan cuman dengan bekal kisah hidupnya jadi tukang bersihkan piring dalam suatu warung makan dahulu. Dia berusaha untuk belajar mengolah tetapi modal tidak juga kembali, justru uang hasil berdagang dibawa kabur oleh pembantu anyarnya. Ketidakberhasilan ini tidak lalu membuat berserah, dia masih menekuni di dunia kulineran dengan cari tukang masak yang dapat dia percayai.

Satu hari Bustaman sempat alami bencana berbentuk tempat tinggalnya di Pejompongan yang alami kebakaran. Syang membuat harus menumpang tinggal di dalam rumah penyuplai. Sbahan untuk masakan berjualannya. Seperti umumnya, dia tidak berserah dan bangkit kembali untuk mengawali semua dari awalnya sampai sukses membangun sebuah restaurant pada tahun 1974 di. SPasar Bendungan Hulu. Restaurant ini semakin sukses sampai sekarang ini telah mempunyai lebih dari 100 cabang restaurant di beberapa. Sdaerah di Indonesia dan luar negeri, bahkan juga restaurant ini berkembang jadi perusahaan namanya PT Simpel Citra Berdikari. Tahun 2000, merk ‘Sederhana’ didaftarkan sebagai merk dagang dengan simbol Rumah Gadang dan dengan tulisan SA.

H. Bustaman memulai usahanya bermodalkan yang dia mengumpulkan dari beberapa pekerjaan simpel yang dia kerjakan awalnya. Bermacam ketidakberhasilan dan rintangan juga lagi banyak yang datang, tetapi karena kegigihannya dia dapat capai titik seperti saat ini.

An independent woman, loving mom and devoted wife.